DesaWarta Melawi

DESA NANGA KASAI SALUR PERDANA BLT-DD DI KABUPATEN MELAWI

15
×

DESA NANGA KASAI SALUR PERDANA BLT-DD DI KABUPATEN MELAWI

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Desa Nanga Kasai merupakan salah satu dari 18 (Delapan Belas) Desa yang ada di Kecamatan Sayan. Merupakan sebuah desa yang dilintasi Jalan Provinsi penghubung Kecamatan Nanga Pinoh dan Kecamatan Tanah Pinoh.

Berdasarkan berbagai peraturan yang mengikat dan sesuai dengan prosedur yang ada, maka Desa Nanga Kasai merupakan salah satu desa yang boleh dikatakan sangat tertib administrasi. Sehingga tidak mengherankan jika Desa Nanga Kasai bisa melaksanakan kewajibannya sebagai Pemerintah Desa untuk memenuhi tanggungjawab yang diamanahkan masyarakat dengan menyajikan kualitas kerja yang cepat dan tepat.

Ketika yang lain masih berbicara mengenai proses penyusunan R-APBDes dan melakukan evaluasi R-APBDes sehingga menjadi APBDes di Desa, Kecamatan dan Kabupaten, maka Desa Nanga Kasai satu langkah lebih cepat. Mengingat memang ini merupakan sebuah tanggungjawab dan amanah yang harus segera dituntaskan.

Pada Rabu, 08 Maret 2022 Pukul 13.00 WIB Desa Nanga Kasai melakukan Penyaluran kepada 88 Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (KPM BLT-DD) Desa Nanga Kasai. BLT-DD ini merupakan bantuan yang diberikan oleh desa melalui Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sayan Bapak Herry Santoso, S.Hut. ME yang menyampaikan bahwa “Suatu kebanggaan bagi kita, dari 169 Desa yang ada di Kabupaten Melawi, Desa Nanga Kasai menjadi satu-satunya desa yang sudah melakukan penyaluran BLT-DD tepat waktu”, ungkapnya.

Selain itu, Herry juga menyampaikan kepada KPM BLT-DD bahwa untuk memanfaatkan uang BLT-DD ini sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga. “Manfaatkan uang ini untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga, membli obat, makanan bergizi dan jangan salah gunakan uang bantuan BLT-DD ini”, tambahnya.

Kepala Desa Nanga Kasai Bapak Lazarus menyampaikan secara rinci bahwa proses sehingga hari ini bisa disalurkan BLT-DD kepada masyarakat merupakan sebuah bentuk kerjasama yang baik antara BPD, Pemerintah Desa, Kecamatan, dan Pendamping Desa.

“Saya sampaikan dan ucapkan terima kasih banyak atas semangat dan kerjasama yang baik antar instansi dan pihak-pihak yang selama ini sudah membantu dan melaksanakan tugasnya dengan profesional. Pihak Kecamatan, Pendamping Desa, BPD dan Perangkat Desa”, ungkapnya.

Selain itu, Kepala Desa Nanga Kasai juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Kecamatan Sayan yang sudah banyak membantu desa yang ada di Kecamatan Sayan khususnya Desa Nanga Kasai. “Kami sangat bersyukur mendapatkan bimbingan dari pihak kecamatan, kami merasakan langsung bagaimana keinginan pihak kecamatan agar desa-desa yang ada di Kecamatan Sayan agar lebih tertib secara administrasi dan sesuai dengan Pertauran yang ada”, tambah Lazarus.

Apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Nanga Kasai merupakan sebuah proses dari mengembalikan roh kecamatan’ agar memiliki sebuah proses yang dinamis dalam menghadapi tuntutan jaman. Tertib adminsitrasi dan rapi dalam pengarsipan administrasi adalah kunci utama dalam sebuah sistem kerja. Maka dari itu, semua proses dan prosedur harus dilalui dengan baik sehingga menghasilkan sebuah kualitas dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Selain itu, hadir juga Bapak Karlem Konyoi, S.Th., M.Th yang merupakan Ketua BPD Desa Nanga Kasai dan berkesempatan memberikan petuahnya dalam agenda penyaluran BLT-DD ini.

“Kami sampaikan bahwa kegiatan hari ini kita laksanakan berdasarkan peraturan sehingga pada saat pelaksanaan Musdessus BLT-DD kita memfinalisasi sebanyak 88 KPM BLT-DD yang layak mendapatkan BLT-DD”, ungkap Karlem.

Hadir juga adalam acara ini Babinsa, perwakilan dari Polsek Sayan dan Pendamping Desa. Semoga apa yang dilaksanakan dan yang kita torehkan hari ini akan membekas dan menjadi sebuah kenangan berharga bagi generasi kita kelak. (Habib).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250