DesaKecamatanWarta Melawi

Fasilitas belum Memadai, PAUD Siloam di Kunjungi Camat Tanah Pinoh Barat

6
×

Fasilitas belum Memadai, PAUD Siloam di Kunjungi Camat Tanah Pinoh Barat

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.

Diketahui, pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal.

PAUD jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), Raudatul Atfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sementara itu, PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.

Pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD harus mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA). STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan.

PAUD Siloam satu-satunya PAUD yang berada di Desa Ulak Muid, Kecamatan Tanah Pinoh Barat, Melawi.

” PAUD Siloam ini adalah PAUD satu-satunya di Desa Ulak Muid. Saat kita kunjungi PAUD ini masih belum memiliki gedung permanen dan fasilitas belum memadai,” ungkap Camat Tanah Pinoh Barat, Sukamto saat melakukan Kunjungan pada Kamis (28/7/2022).

Terlihat, semangat anak-anak PAUD tersebut sangat luar biasa untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru-gurunya. Apresiasi sebesar-besarnya pun diberikan Camat Tanah Pinoh Barat tersebut.

” Saya sangat memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk para pengajar dan anak-anak tersebut, semangat mereka sangat luar biasa untuk belajar walaupun gedung mereka masih mengunakan rumah warga dan fasilitas masih belum memadai,” ujarnya.

Kata Sukamto, PAUD Siloam sudah lama berdiri, tapi masih belum punya gedung permanen.

” Saya berharap dan mengajak semua elemen untuk bisa peduli terhadap pendidikan generasi kita ini, karena dari pendidikan PAUD inilah nantinya akan menimbulkan generasi pemimpin daerah kita,” tambahnya.

Camat Tanah Pinoh Barat ini juga menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada seluruh anak-anak PAUD dan para guru-gurunya.

Diketahui, 36 anak-anak ini sudah angkatan ke V, dan sebelumnya dari angkatan I – IV sudah mewisuda 80 anak.

Penulis: SYARIF NURUL HIDAYATULLAH 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250