Desa

Konektivitas Internet Mandiri Pedesaan, Salah Satu Program Unggulan Kades Nanga Nyuruh

20
×

Konektivitas Internet Mandiri Pedesaan, Salah Satu Program Unggulan Kades Nanga Nyuruh

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam kehidupan. Banyak aktivitas dilakukan secara online demi mencegah penyebaran virus. Untuk itu akses internet sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat hingga ke pelosok desa.

Desa Nanga Nyuruh Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi, membuat program ‘Konektivitas Internet Mandiri Pedesaan’ bekerja sama dengan Java Digital Nusantara (JDN) gabungan dari beberapa desa di Kecamatan Ella Hilir dan inisiatif desa.

Kepala Desa Nanga Nyuruh, Suhaili, SP menjelaskan salah satu tujuan program tersebut untuk kesejahteraan masyarakat. Program itu diharapkan dapat mendorong digitalisasi ekonomi UMKM melalui berbagai layanan dan berbagai inovasi serta pembangunan berkelanjutan di desa dengan mengandalkan BUMDes sebagai penggerak utamanya.

“Manfaat dari program ini pastinya dapat membuka bisnis baru bagi masyarakat, memenuhi konektivitas jaringan internet untuk pelayanan, pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan pemerintahan, dan juga pemenuhan jaringan internet di masa pandemi Covid-19 di wilayah pedesaan,” jelas Suhaili kepada Media, Kamis (26/8/2021).

Melalui pendampingan dan kolaborasi yang dilakukan, diharapkan BUMDes dan masyarakat desa akan semakin mudah dalam mengakses layanan internet.

Program tersebut juga sudah berjalan, belum semua kegiatan terakomodir karena masih membutuhkan anggaran yang harus mengakses semua jaringan.

Beberapa pembangunan yang telah ada di Desa Nanga Nyuruh seperti Aliran Air Bersih ke setiap Rumah, Listrik dari PLTMH, Jaringan WiFi Desa. Harapan warga Desa Nanga Nyuruh dapat dibangun Jembatan Gantung Penghubung ke Desa.

Penulis : Erik.P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250