TNI

Dandim Sintang Berikan Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus STIKARA

8
×

Dandim Sintang Berikan Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus STIKARA

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan hadir sebagai pemateri dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 dengan tema “Kita Ciptakan Mahasiswa yang Berilmu, Berprestasi, Berkarakter Unggul, Berakhlak Mulia, dan Berdaya Saing”, di gedung Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA), Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No. 80, Baning Kota, Kecamatan Sintang, Rabu (01/09/2021).

Dalam materinya yang dilaksanakan secara virtual ini, Dandim Sintang menyampaikan, “adik-adik rekan mahasiswa sekalian, kita sampai saat ini secara global masih mengalami pandemi yang berdampak bagi seluruh aspek. Salah satu contohnya dalam aspek teknologi informasi yang sedemikian majunya tentu sangat berpengaruh dengan bagaimana manusia berkehidupan di era sekarang,” terangnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, pada tingkat regional di kawasan kita sedang berhadapan dengan berbagai permasalahan yang mungkin dapat mengancam eksistensi negara ini, sedangkan ditingkat nasional kita juga masih berkutat dengan pandemi virus corona, kita sama-sama mengetahui dan merasakan dampaknya pandemi ini terutama dalam segi ekonomi.

Berkaca pada pengantar ini, saya ingin mengajak adik-adik mahasiswa sekalian untuk dapat mewujudkan atau menjadi pribadi yang diharapkan dalam tema pagi ini.

Saya selaku aparat teritorial dan aparat negara dalam bidang pertahanan, yang mana definisi dari pertahanan negara itu sendiri ialah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, yang mana hal ini sesuai dengan salah satu tujuan nasional kita.

“Pentingnya eksistensi sebuah negara agar kemudian menjadi wadah dalam berkehidupan. Maka sebagai mahasiswa, bagaimana sebaiknya kita bertindak dan berprilaku untuk mewujudkan itu semua.

Yang pertama setidaknya saya mengajak, mari berfikir global walaupun hasilnya lokal, artinya aksi lokal yang kita lakukan pun hendaknya berorientasi fikir dalam koridor global kita. Berikutnya, bagaimana kita menjalankan tugas pokok kita secara serius, maksimum, dan normatif, karena menurut pandangan saya bahwa semua persoalan di dunia ini karena akibat orang-orang tidak serius menjalankan perannya. Jadi mari kita bersama-sama membangun Sintang, Indonesa dan Kemanusiaan ini dengan cara serius menjalankan peran kita masing-masing secara maksimum dan normatif,” pungkasnya.

#Pendim 1205/Erik.P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250