DesaWarta Melawi

Pemerintah Desa Nanga Nyuruh Laksanakan Musdes Pembentukan BUMDes

28
×

Pemerintah Desa Nanga Nyuruh Laksanakan Musdes Pembentukan BUMDes

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Pemerintah Desa Nanga Nyuruh Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi bersama dengan BPD melakukan musyawarah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kantor Desa Nanga Nyuruh, Selasa (12/10/2021).

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan badan usaha yang berada di Desa dan dikelola serta mengelola sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan BUMDes ini ditetapkan dengan Peraturan Kepala Desa. Hadir dalam musyawarah desa pembentukan BUMDes ini, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Kabupaten Melawi Sugiatno. Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa, serta peserta musyawarah ini terdiri dari BPD, tokoh masyara­kat, dan tokoh pemuda.

Kepala Desa Nanga Nyuruh Suhaili, SP mengatakan, Adapun nama BUMDes adalah “Pantar Nyadup”. Nama ini diambil dari nilai budaya setempat yang mayoritas masyarakat bersuku Dayak Nyadup, Dan nama Pantar adalah sebuah monumen dari suatu  peristiwa cara masyarakat setempat menghormati para leluhur mereka yg sudah meninggal, atau dengan istilah lain ritual Adat setempat membuat rumah bagi manusia yg sudah meninggal dunia.

Dalam rapat ini juga kepala Desa Nanga Nyuruh Suhaili, SP Mengatakan bahwa kegiatan yang akan di kelola oleh BUMDes ini yaitu, PLTMH, WiFi Desa, Air Bersih, serta kelompok tani (Pantar Pihu). Semoga BUMDes ini kedepannya bisa berkembang untuk kesejahteraan masyarakat desa Nanga Nyuruh. Dalam forum ini, semua masyarakat yang hadir telah setuju, dan menyepakati dibentuknya nama BUMDes dan pengurus BUMDes nya serta siap bekerja sama dalam tim sesuai dgn ketentuan ada dalam AD/ART BUMDes Pantar Nyadup.

Pada waktu yang bersamaan Pemdes Nanga nyuruh juga melaksanakan penyusunan RPJMDes Desa Nanga Nyuruh selama 6 tahun kedepan.

Pendirian BUMDes ini merupakan tindak lanjut rencana Pemerintah Desa Nanga Nyuruh dalam rangka untuk usaha dan pemberdayaan yang ada di Desa, lebih lanjut bahwa pengelolaan atau unit usaha yang akan dijalankan di Desa Nanga Nyuruh yaitu unit usaha pelayanan, produksi dan juga pengelolaan untuk usaha masyarakat serta dengan didirikannya BUMDes di Desa Nanga Nyuruh adalah untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah Desa yaitu Pendapatan Asli Desa (PAD) serta memfasilitasi kegiatan perekonomian masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai potensi yang ada.

“Dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa pada tahun ini kita berharap untuk bersama sama turut mengembangkan apa yang menjadi usaha dalam rangka kemajuan BUMDes ini. Setelah terbentuk ini nanti di tahun anggaran berikutnya ada penganggaran untuk pengembangan modal usaha, di awal pembentukan atau jalannya usaha biasanya akan menemukan hambatan – hambatan, untuk itu kami berharap kerjasama dan diawali dengan semangat gotong royong untuk kelancaran bersama,” Kata Suhaili Kepala Desa Nanga Nyuruh dalam sambutannya.

Terimakasih kepada Undangan yang hadir Tenaga Ahli Kabupaten Melawi pak Sugiatno, Tim pendamping kecamatan dan pendamping desa, serta seluruh masyarkat desa Nanga Nyuruh yang sudah berfartisipasi, tutup Kepala Desa.

Publis : Tim Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250