DaerahPemerintah

2023, Pemerintah Siapkan 8.956 Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Melawi

30
×

2023, Pemerintah Siapkan 8.956 Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Melawi

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com -Tahun 2023, pemerintah menyiapkan sekitar 8.956 sertifikat tanah gratis untuk warga Kabupaten Melawi melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan program retribusi tanah.

“Koata program PTSL tahun ini sebanyak 7.456 bidang dan untuk program retribusi tanah sebanyak 1.500 bidang,” ungkap Sholeh Umar Seregar, Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran BPN Melawi saat ditemui di ruangannya, Jumat (27/1/2023).

Ia mengatakan untuk daerah yang mendapatkan program PTSL yakni Kecamatan Menukung, Kecamatan Pinoh Selatan, Kecamatan Sayan dan Ella Hilir.

“Retribusi tanah arah Desa Nusa Kenyingkap dan sekitarnya,”ujarnya.

Pengurusan sertifikat dalam Program PTSL itu, lanjutnya, tidak dipungut biaya, kecuali di tingkat pemerintah desa/kelurahan untuk biaya pengurusan syarat-syarat pembuatan sertifikat.

“Program ini gratis di BPN, tapi ada biaya administrasi yang dibebankan kepada warga yang dibayarkan ditingkat desa, dan itu tercantum pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, dimana desa boleh menarik biaya pra sertifikasi, dan untuk angkanya pun sudah diatur dalam peraturan tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Syarif Nurul Hidayatullah 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250