DesaPeristiwaWarta Melawi

Jalan Desa Tertimbun Tanah Longsor, Tutup Akses Jalan Penghubung Kecamatan ke Desa Perembang Nyuruh

17
×

Jalan Desa Tertimbun Tanah Longsor, Tutup Akses Jalan Penghubung Kecamatan ke Desa Perembang Nyuruh

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Tanah longsor terjadi di jalan Dusun Belaban Nyuruh Desa Nanga Nyuruh Kecamatan Ella Hilir Kabupten Melawi, pada hari Jumat tangal 11 Februari 2022 sekitar jam 10 pagi. Meski tidak ada korban dalam kejadian itu, longsoran menutup jalan akses warga setempat.

Diketahui kejadian tanah longsor tersebut sudah yang kedua kalinya pada titik yang sama. Yaitu di wilayah Dusun Belaban Nyuruh, Desa Nanga Nyuruh. Intensitas hujan yang tinggi pada malam sebelumnya, sehingga membuat tekstur tanah jadi labil, terlebih di tempat kejadian longsor tersebut memang tanah berbukit dan jalurnya air hujan

Sebelum kejadian longsor ini. Pada tanggal4 Oktober 2021, atau sekitar 5 bulan yang lalu pernah juga terjadi longsor ditempat yang sama. Namun untungnya pada longsor yang pertama Pemerintahan Desa Nanga Nyuruh melalui Suhaili, SP. selaku kepala Desa Nanga Nyuruh lansung berkoordinasi dengan pihak ketiga yaitu perusahaan yang mengerjakan jalan Trans Kalimantan dan langsung membantu membersihkan tanah longsor dengan mendatangkan alat berat satu unit, sehingga akses jalan yang putus lansung bisa di lewati oleh masyarakat.

Suhaili, SP Kepala Desa Nanga Nyuruh mengatakan kejadian tanah longsor kali ini yang terjadi pada tanggal, 11 Februari 2022, yang juga menutup seluruh akses jalan antar Dusun dalam Nanga Nyuruh dan penghubung Kecamatan ke Desa perembang Nyuruh.

“ Kami terpaksa meminta bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi tembusan ke Kecamatan Ella Hilir, tertanggal Sabtu 12 Februari 2022. Dalam bentuk sebuah surat, “ ucapnya.

Namun pada hari kejadian tanah longsor pada Jumat 11 Februari 2022. Kepala Desa Nanga Nyuruh. Lansung menelpon pihak BPBD Kabupaten Melawi. Upaya yang dilakukan sementara, Masyarakat membersihkan lumpur semampunya dan membuat miting untuk dilewati kendaraan roda dua

“ Karena tidak ada lagi aktivitas pengerjaan di jalan Trans Kalimantan, alat beratnya pun sudah tidak ada dilokasi. Sambil menunggu bantuan dari Pemerintah, masyarakat bergotong royong membuat akses jalan supaya bisa dilewati, minimal oleh kendaraan roda dua, “ imbuhnya.

Kepala Desa Nanga Nyuruh juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu meringankan pekerjaan sudah turun kelapangan dan membantu masyarakat, ucapan terimakasih tersebut disampaikan kepada Danramil Kecamatan Ella hilir ( Pak Saragih), Kapoksek Ella hilir melalu Bhabinkamtibmas (Pak Usman).

“ Semoga pihak pemerintah kabupaten Melawi melalu pihak terkait cepat turun membantu membersihkan tanah longsor yang masih ada sekitar 40 meter lagi, sehingga tidak membahayakan masyarakat setempat untuk melewati tempat tersebut, “ harapnya.

Sumber : Suhaili, SP

Publis : Bagus Afrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250