BudayaWarta Melawi

Zulkipli Terpilih Ketua DPD POM Melawi

53
×

Zulkipli Terpilih Ketua DPD POM Melawi

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com -Persatuan Orang Melayu (POM) Melawi melaksanakan Musyawarah Daerah ke-1. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, di pendopo rumah jabatan bupati, Sabtu, (4/6/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua POM Provinsi Kalimantan Barat, Agus Setiadi, Wakil Ketua DPRD Melawi, Kapolres Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, Pangeran Sanggau, Pangeran Sintang, Raden Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh agama, Perwakilan DPD POM Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Musda, M. Hutapiadi, menyampaikan bahwa Musda yang pertama ini dilaksanakan ini mengangkat tema “Melayu bertuah karena adab dan tradisi, Melayu bersinergi dengan Ukhuwah dan silahturahmi” dengan tujuan untuk merajut kebhinekaan melalui seni budaya melayu yang berlandaskan hukum Islam.

“Saya berharap kepengurusan yang baru dapat semakin bersinergi dengan visi dan misi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Melawi yang harmonis dalam keberagaman, serta kedepannya lebih menonjolkan adat istiadat dan seni budaya melayu untuk semakin mempererat rasa toleransi antar masyarakat di Kabupaten Melawi,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi dalam sambutannya menyampaikan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya Musda Persatuan Orang Melayu yang pertama di Kabupaten Melawi.

“Budaya dan adat istiadat merupakan salah satu bagian peting dalam masyarakat, khususnya dalam menjaga kebhinekaan dan keharmonisan, saya berharap para pengurus POM Kabupaten Melawi dapat bersinergi dan menjaga kerukunan ditengah masyarakat Melawi yang beraneka ragam suku dan budaya” ungkapnya.

Bupati Melawi juga menghimbau agar DPD POM Melawi dapat merangkul dan saling bersinergi dengan organisasi-organisasi kebudayaan lainnya yang ada di Kabupaten Melawi, serta sesama organisasi saling mendukung dan menjujung tinggi adat istiadat.

“Jaga, bina dan lestarikan adat dan budaya di tengah kehidupan modern saat ini, agar para generasi penerus kita tetap hidup dalam budaya serta menjaga adat istiadat,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua POM Provinsi Kalimantan Barat, Agus Setiadi, dalam sambutannya mengatakan Musda merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban, dan harapan dengan dilaksanakan musda ini adalah bisa menghasilkan regenerasi pemimpin yang lebih kompeten dan berdaya saing.

Dalam proses Musda tersebut, Zulkipli mendapatkan amanah untuk memimpin POM Melawi dari hasil musyawarah para pengurus.

“Terimakasih atas amanah yang diberikan kepada saya. Kedepannya kita akan melaksanakan tujuan POM itu sendiri yaitu mengangkat marwah dan melestarikan budaya Melayu. Kedepannya juga kita akan adakan festival budaya melayu yang melibatkan seluruh pengurus dan organ sayap yang ada di melawi,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam festival budaya Melayu nanti akan menampilkan karya -karya kebudayaan melayu, yang akan bekerjasama dengan ormas-ormas melayu lainnya.

” Tujuan kegiatan festival nanti adalah untuk selalu menjaga marwah melayu supaya tidak luntur, demi mengangkat jati diri budidaya lokal khususnya di Kabupaten Melawi,” katanya.

Zulkipli juga mengatakan akan segera membentuk seluruh kepengurusan sampai ketingkat ranting di desa-desa, supaya selalu terjaga budaya melayu disetiap tempat.

” Dalam acara pembukaan Musda, kita juga mengundang warga luar melayu, yang disebut warga kehormatan yaitu dari Suku Dayak dihadiri langsung oleh Sekretaris DAD Melawi dan Majelis Adat Tionghoa, dihadiri oleh Ketuanya,” tutupnya. (Syarif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250