DesaPemerintahWarta Melawi

Bupati Melawi : Pentingnya Sistem Pengelolaan Aset Desa Secara Elektronik

9
×

Bupati Melawi : Pentingnya Sistem Pengelolaan Aset Desa Secara Elektronik

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menekankan pentingnya Desa di Kabupaten Melawi dalam penerapan sistem pengelolaan aset desa secara elektronik. Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi ketika membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) secara Online di Hotel Amarantha Nanga Pinoh, Rabu (21/09/2022).

Melalui sambutannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa meminta agar para kepala desa dapat menggunakan aplikasi SIPADES karena beberapa tahun terakhir permasalahan dalam penyajian informasi secara spesifik mengenai aset desa oleh pemerintah desa mulai berkurang sejak diadakan sistem pengelolaan aset desa secara elektronik.

“Sebagai bagian dari pelayanan umum. Penyajian data dan informasi aset desa merupakan salah satu aktivitas yang sering mendapat sorotan. Karena pelayanan umum yang cepat dan penyajian data yang baik, professional, transparan, dan lebih mudah merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita”, ungkapnya,

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi dan bimtek SIPADES ini. Karena menurutnya, era teknologi dan komunikasi (TIK) saat ini sangat penting untuk pemerintah dalam mengikuti perkembangan jaman dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap para kepala desa dapat memanfaatkan TIK untuk pelayanan umum dan penyajian data menjadi lebih cepat dan baik, profesional dan transparan terutama tentang informasi aset desa ini”, ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan kegiatan sosialisasi dan bimtek SIPADES ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan menyampaikan pemahaman yang bersinggungan langsung dengan desa khususnya pengelolaan kekayaan dan aset desa berbasis aplikasi untuk mewujudkan administrasi desa yang transparan, akuntabilitas, efektif serta efisien khususnya di Kabupaten Melawi.

“Saya harap para peserta sosialisasi untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini guna menambah wawasan dan pengetahuan, karena dengan hadirnya aplikasi SIPADES untuk pengelolaan aset desa ini dapat menjawab berbagai permasalahan yang ada dan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dalam rangkaian kegiatan pengelolaan keuangan aset desa”, imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan menertibkan penggunaan aset desa agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah desa.

Hasanudin juga menjelasakan bahwa SIPADES merupakan aplikasi perencanaan administrasi aset desa berbasis sistem informasi mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan.

“Sosialiasi dan Bimtek SIPADES ini salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa, apalagi sekarang sudah berbasis online dan tidak manual lagi seperti dulu”, ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah, Para kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Melawi dan para Kepala Desa Se-Kabupaten Melawi.

Sumber : Humas Pemkab Melawi/Orin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250