KecamatanPemerintahWarta Melawi

Kunker Bupati dan Wakil Bupati Melawi Ke Kecamatan Belimbing

17
×

Kunker Bupati dan Wakil Bupati Melawi Ke Kecamatan Belimbing

Sebarkan artikel ini

Wartamelawi.com – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, bersama Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Belimbing, Senin (14/11/2021). Kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Melawi ini digelar dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan tahun 2022 dan diikuti juga oleh seluruh kepala desa se-Kecamatan Belimbing.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Melawi Dapil Belimbing dan Belimbing Hulu, para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Dirut Perumdam Tirta Melawi, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Para Kepala Desa, Kepala Sekolah, Guru, dan Tokoh Masyarakat.

Plt. Camat Belimbing, Konstantinus, S.S dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati Melawi, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kecamatan Belimbing Hulu.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, beserta seluruh rombongan di Kecamatan Belimbing. Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan ini. Tentunya kami semua berharap Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dapat memberikan arahan dan pembinaan serta bimbingan kepada kami semua di Kecamatan dan Desa agar lebih baik lagi kedepannya”, jelasnya.

Dalam laporannya, Plt. Camat Belimbing, Konstantinus menjelaskan profil lengkap kecamatan Belimbing Hulu, mulai dari dasar hukum pembentukan kecamatan, jumlah desa yang ada di kecamatan Belimbimg Hulu, data SDM, kondisi infrastruktur, data sarana dan prasarana pendukung kantor, jumlah penduduk, data fasilitas pendidikan dan keagamaan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang ada di kecamatan Belimbing.

Konstantinus juga menjelaskan, terkait status desa berdasarkan IDM tahun 2022, tidak ada desa tertinggal di Kecamatan Belimbing, dimana ada 5 Desa Mandiri, 2 Desa Maju, dan 10 Desa Berkembang.

“Sebagai laporan kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, realisasi anggaran sarana dan prasarana desa di Kecamatan Belimbing telah mencapai 93,76%, sedangkan non sarana mencapai 65,54%, dana ketahanan pangan mencapai 75,02%, realisasi BLT-DD mencapai 78,6%”, ujarnya.

Selanjutnya, Konstantinus juga menjelaskan terkait pembangunan di Kecamatan Belimbing dimana ada 12 kegiatan pembangunan drainase dan gorong-gorong, jalan dan jembatan sebanyak 41 kegiatan, pagar rumah ibadah 1 kegiatan, tribun olahraga 1 kegiatan, MCK umum 1, rumah dinas guru dan peralatan laboratorium sebanyak 16 kegiatan, steigher ada 3, dan rehab rumah tidak layak huni ada 41 kegiatan.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan.

“Saya bersama Pak Bupati, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Belimbing Hulu dalam rangka silaturahmi, menampung aspirasi dan melihat langsung kondisi masyarakat, sekaligus melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Melawi mengungkapkan saat ini pemerintah daerah terus melaksanakan pembangunan baik di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, dan bidang lainnya demi kesejahteraan masyarakat.

“Dana pembangunan baik infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan di Kecamatan Belimbing saya yakin diatas 20 Milyar. Seperti yang sudah disampaikan Pak Camat tadi. Ada juga pembangunan SD Laman Tanjung, pembangunan dan pemeliharaan jalan melalui UPJJ Belimbing dan Belimbing Hulu, pembangunan steigher, tribun, pengelolaan air bersih di Entibab, perbaikan jembatan di Tekaban”, terangnya.

Menutup sambutannya, Bupati kembali mengingatkan Camat, Kepala Desa beserta jajarannya untuk aktif turun ke lapangan melihat kondisi masyarakat dan wilayahnya, membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, Bupati dan Wakil Bupati, serta Anggota DPRD, menyusun program kerja sesuai prioritas kebutuhan masyarakat, gunakan dana desa dengan baik, cermat, efektif, dan efisien.

“Saya minta Camat dan Kepala Desa beserta jajarannya aktif melihat kondisi langsung masyarakatnya, agar program kerja dan pembangunan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat”, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Melawi memberikan bantuan peralatan TIK, peralatan laboratorium IPA, bantuan benih Padi, bantuan benih ikan, penyaluran herbisida, serta paket bantuan sosial terhadap dampak inflasi. Dan pelaksanaan vaksinasi booster, skrinning penyakit tidak menular, pengobatan gratis, pelayanan percepatan kependudukan.

Sumber : Humas Pemkab. Melawi/Fariz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250